Sunday, February 5, 2017

STANDAR UKURAN MOK YAN JONG atau WOODEN DUMMY Yang Sebenarnya

STANDAR UKURAN MOK YAN JONG atau WOODEN DUMMY YANG SEBENARNYA

Solo training atau berlatih sendiri sangat bagus untuk meningkatkan teknik dasar beladiri yang dipelajarinya.  Namun, untuk tingkatan lanjutan tentunya kamu haru sangat mahir dalam aplikasinya. Pada tahapan ini, sangat diperlukan teman berlatih. Untuk itulah, mok yan jong diciptakan. Agar praktisi Wingchun, Jeet Kune Do, dan aliran beladiri lainnya bisa memaksimalkan tekniknya, dan sangat bermanfaat ketika menghadapi serangan musuh.

Posisi Lengan dan Kaki Mok Yan Jong

Supaya wooden dummy yang digunakan memberikan hasil latihan yang sangat signifikan, sangat penting untuk memerhatikan ukurannya. Memang secara umum, tidak ada standarisasi mengenai ukuran alat latihan beladiri tersebut. Tetapi, sebaiknya boneka kayu tersebut dibuat dengan disesuaikan dengan tinggi postur setiap penggunanya. Untuk modelnya bisa dipilih yang paling nyaman digunakan. Jadi, boleh menggunakan model single atau pun model palang.

Agar tidak sampai keliru ketika membelinya, apalagi memesan secara online, sangat perlu untuk memerhatikan spesifikasi produk yang diberikan. Nah, berikut ini sejumlah gambaran alat berlatih Wingchun tersebut, agar kamu bisa mendapatkan produk yang benar-benar berkualitas, dan sesuai dengan keinginan.
-         Lengan ganda sejajar dengan bahu. Tinggi dua lengan kayu bagian atas harus sejajar dengan bahu, tapi sesudah kamu memasang kuda-kuda pendek ala Wingchun. Bagian ini diibaratkan serangan di sisi atas, baik dengan pukulan atau pun tendangan.
-          Lengan tunggal sejajar dengan pusar atau perut. Ketentuannya juga setelah kamu pasang kuda-kuda. Bagian ini diibaratkan serangan lawan di sektor tengah tubuh.
-          Kaki mok yan jong sejajar dengan lutut atau bisa juga sedikit lebih tinggi. Bagian ini diibaratkan sebagai posisi atau gerakan kaki lawan.
mok yan jong degan berbagai ukuran

Ukuran Diameter Kaki Mok Yan Jong

Besaran ukuran diameter bagian utama boneka kayu, lengan, dan bagian kakinya juga perlu diperhatikan. Biasanya tidak bisa sama persis, tetapi masih dalam rentang ukuran yang dianjurkan oleh para praktisinya. Untuk diameter bagian utamanya berukuran antara 23 cm hingga 27 cm. Diameter pangkal lengan di bagian atas dan tengah memiliki  ukuran antara 6 cm hingga 8 cm. Sedangkan pada ujung pangkal lengannya biasanya berukuran antara 3 cm sampai 5 cm. Nah, untuk ukuran bagian kakinya tentunya dirancang lebih besar.

Biasanya untuk ketinggian wooden dummy model single memiliki ketinggian hingga 170 cm. Tinggi dari bagian terbawah hingga lengan ganda sekitar 130 cm. Sedangkan untuk berat keseluruhannya antara 80 kg hingga 150 kg. Ukuran tersebut sudah sesuai dengan standar umum secara internasional. Untuk bagian kakinya, di rekomendasikan yang terbuat dari kayu utuh, dan untuk yang model sambungan, harus diperhatikan apakah sambunganya benar-benar kuat. untuk mengetahui lebih jelas bisa di baca KAKI MOK YAN JONG DARI KAYU UTUH VS SAMBUNGAN

kaki mok yan jong kari kayu utuh
Dengan penerapan desain tersebut, maka  bagian kaki wooden dummy akan lebih kuat dan terlihat sangat artistik. Bagian lengan dan kaki boneka kayu tersebut juga seharusnya mudah dibongkar pasang. Dengan begitu sangat memudahkan kalau ingin dipindah ke tempat lain, atau saat akan dilakukan penggantian untuk bagian tersebut.  

Sedangkan untuk wooden dummy model palang, tingginya mencapai 190 cm. Tinggi dari bagian paling bawah hingga lengan ganda adalah 130 cm. Lebar keseluruhannya 150 cm, lebar kedalaman atau sampingnya 80 cm. Tinggi badan atau bagian utama hingga 15 cm, dengan berat antara 120 kg hingga 150 kg. Bagian frame, lengan dan kakinya juga harus bisa dibongkar pasang.


Nah, itulah penjelasan mengenai standarisasi ukuran dari mok yan jong. Ada berbagai jenis kayu yang bisa digunakan, antara lain kayu mahoni, akasia, jati, sawo, sonokeling, dan sebagainya. Untuk produk, dan harga yang sangat bersaing.

pastikan hanya membeli di produsen terpercaya. Salah satunya dengan menghubungi 08985137879, BBM 75B1BCF0, atau kirim email ke samunav@yahoo.com.

artikel lain:
berbagai ukuran mok yan jong


ukuran mok yan jong versi 170cm
sebelah kanan adalah mok yan jong tinggi 185cm

No comments:

Post a Comment